1.Materi #BOOMING ini adalah lanjutan dari buku saya Kitab AntiBangkrut. Di Penghujung saya tuliskan tentang Lepas Landas.
2.Namun materi #BOOMING bukan hanya u/ mereka yg sedang bangkrut, namun juga untuk pemula yg ingin akselerasi dalam bisnisnya.
3.Coba amati: banyak produk bagus/berkualitas, namun mereka tak mampu menembus pasar & layu sebelum berkembang.. #BOOMING
4.Amati juga: ada produk yg 'seumur jagung', mereka berhasil meroket & menghasilkan kemakmuran dalam waktu singkat. #BOOMING
5.Kedua kasus tersebut memiliki Benang Merah yaitu POLA yg akan kita bahas dalam materi ini. #BOOMING
6.POLA Sukses mecipta tren itu saya rumuskan dalam: 7 FORMULA #BOOMING | Apa saja? Yuk simak..
7.Pertama: Membidik P/S Market, alias Potensial atau Sleeping Market. Spt di buku KAB hal 121. #BOOMING
8.Kedua: Produk yang Ngangenin; Ketiga: Kemasan yang Pertama diambil; Keempat: Merek yang ngePOP; #BOOMING pic.twitter.com/u7VooQtsIz
9.Kelima: Channel D=P alias Distribution = Promotion. Keenam dan ketujuh? Ikuti serial ini dulu.. #BOOMING
10.Sekarang saya akan mengulas Formula Pertama: Membidik P/S Market. Perhatikan gambar di twit no.8 #BOOMING
11.Sebelah kiri disebut Existing Market atau saya lebih suka menyebut Bleeding Market alias Pasar yg berdarah2. #BOOMING
12.Disebut berdarah2 karena kompetitornya sudah terlalu banyak, hingga harga pun sudah banting2an. #BOOMING
13.Contohnya adalah pasar Laundry Kiloan, yg menjamur dimana2. Dulu memang bisnis yg bagus, sekarang sangat kompetitif. #BOOMING
14.Kenapa begitu? Karena ENTRY BARRIER-nya tipis, alias siapa saja bisa masuk menjadi pemain dg mudahnya. #BOOMING
15.Gambar sebelah kanan adalah Potensial Market: demand/permintaan udah ada/banyak, tapi pemasok/pemainnya sedikit. #BOOMING
16.Contohnya: Martabak Bolu >> baru ada sedikit pemain, merek belum kuat. Potensial untuk mem #BOOMING kan.
17.Gambar dibawah adalah Sleeping Market: orang belum tahu itu produk apa alias belum kelihatan demandnya. #BOOMING
18.Contohnya: dulu sebelum AQUA masuk ke Indonesia, orang tak terfikir akan minum air seharga bensin >> #BOOMING
19.>>Saat ini di kampung2 pun minum air filter isi ulang, jarang ada yg masak air untuk diminum. #BOOMING
20.Tentu effort yg dilakukan Pak Tirta Utomo (pendiri Aqua) sangatlah berat dalam "MengEdukasi Pasar". #BOOMING
21."Untuk sekedar bertahan hidup, ikuti tren. Untuk membuat lompatan finansial, ciptakan tren". #BOOMING
22.Syarat pertama mencipta tren adalah masuk ke Potensial Market atau Sleeping Market. #BOOMING
23.Ingat: Tak harus mencipta dari nol, bisa jadi produk lama yg gagal tren, diungkit kembali saat kini. #BOOMING
24.Misal: barusan #BOOMING Red Velvet >> ini bukan produk baru, tapi ditemukan tahun 1940, saat perang dunia 2.
25.Bisa juga GAMBUNGAN 2 Produk yg menghasilkan formula baru. Atau produk lama yg di Rename-Repackage-Repositioning.
26.Konsep @KebunEMAS awalnya adalah Gadai + Emas >> yg di Rename-Repackage-Repositioning. Sekarang berubah jadi Cicil Emas. #BOOMING
27.Nah, coba obrak-abrik file lama Anda. Jangan2 dulu Anda sempat mencipta suatu Produk harta karun yg tersembunyi.. #BOOMING
28.Ingat: Jika Produk Anda mudah ditiru, maka follower kompetitor Anda akan #BOOMING juga..
29.Jika Anda sudah masuk ke Market P/S, tapi pergerakan Anda lambat, maka Anda yg mengedukasi pasar, orang lain menikmati. #BOOMING
0 comments:
Post a Comment